FOO FIGHTERS: Awal Kebangkitan Dave Grohl

FOO FIGHTERS





Foo Fighters adalah band rock berasal dari Seattle, Washington, Amerika Serikat. Dibentuk pada tahun 1994 oleh drummer Nirvana yaitu Dave Grohl setelah kematian Kurt Cobain. Nama band ini terinspirasi dari UFO atau objek-objek terbang misterius yang sering terlihat oleh para pilot pesawat sekutu di Perang Dunia II, yang dikenal secara kolektif sebagai Foo Fighter. Di band ini Grohl sendiri bermain sebagai gitaris dan vokalis. Selama perjalanan karier band ini, empat dari album nya telah memenangkan 11 Grammy Awards diantaranya memenangkan Best Rock Album empat kali.

Sebelum merilis debut album Foo Fighters tahun 1995, hanya menampilkan Dave Grohl sebagai anggota resmi, Grohl lalu mengumpulkan para personilnya seperti bassis Nate Mendel dan drummer William Goldsmith mantan drummer Suny Day Real Estate , serta gitaris tur Nirvana Pat Smear sebagai gitaris untuk menyelesaikan lineup. Band ini memulai pertunjukan di Portland,Oregon sebelum mendapatkan popularitas, Single pertama band baru itu adalah This Is a Call . Single itu cukup mencuri perhatian publik, sebelum dirilisnya album bertajuk Foo Fighters yang mencuatkan tembang “I’ll Stick Around”, “For All The Cows” dan “Big Me”.

Ketika pertama kali Grohl mulai bermain dengan band ini, musiknya sering dibandingkan dengan band dia yang sebelumnya yaitu Nirvana. Grohl mengakui bahwa Nirvana terutama penyanyi/gitaris Kurt Cobain adalah pengaruh besar pada penulisan lagunya. Grohl mengatakan bahwa “Melalui Kurt, aku melihat keindahan minimalisme dan pentingnya musik yang dipreteli”.

Komentar

Postingan Populer